SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GASAL KORESPONDENSI
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda bulatan pada huruf A,B,C,D dan E pada Lembar Jawab Komputer (LJK) yang disediakan.
1. Kata komunikasi berasal dari bahasa latin “communication”
yang berarti….
A. Saluran komunikasi
B.
Memberitahukan
C. Saluran telepon
D. Pesan
E. Sumber berita
2. Perhatikan data di bawah ini :
1) Kaset
2) Surat
3) Spanduk
4) Handy Talky
5) Telepon
6) Pengumuman
Dari data diatas yang teramsuk media pendengaran adalah…..
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 3, dan 6
C. 2, 4, dan 5
D. 3, 5, dan 6
E.
1, 4,
dan 5
3. Lambang komunikasi yang digunakan untuk dasar membaca
dan menulis merupakan pengertian dari..
A.
Lambang
huruf
B. Lambang angka
C. Lambang warna
D. Lambang suara
E. Lambang gerak
4. Berikut ini yang merupakan fungsi dari media
komunikasi, kecuali…
A. Untuk membangkitkan motivasi
B. Mempermudah penyampaian informasi
C. Mengefektifkan proses penyampaian isi pernyataan
D.
Dapat
menghambat proses komunikasi
E. Memperjelas isi pernyataan dan maksud informasi
5. Etika berbicara di telepon yang benar saat menerima
telepon ini adalah….
A. Mengucapkan kata hallo
B.
Mengatur
bunyi nafas dengan baik
C. Membiarkan telepon bordering lebih dari 3X
D. Menutup pembicaraan terlebih dahulu
E. Tidak menanggapi si penelpon
6.
Berikut
ini yang merupakan contoh lambang yang menggunakan anggota badan adalah….
A.
Anggukan kepala tanda setuju
B.
Radio
C.
Rambu
lalu lintas
D.
Suara
sirine
E.
Angka
1,2,3
7.
Lambang
yang digunakan dalam komunikasi non verbal adalah…
A.
Lambang isyarat
B.
Lambang
bahasa
C.
Lambang
tulisan
D.
Lambang
lisan
E.
Lambang
warna
8.
Media
yang dapat dilihat maupun di dengar seperti televise, video, film dll,
merupakan pengertian dari media…
A.
Audio
B.
Visual
C.
Langsung
D.
Komunikasi
E.
Audio visual
9.
Komunikasi
akan terjadi bila unsur yang ada didalamnya lengkap. Di bawah ini yang bukan
merupakan unsur komunikasi adalah…
A.
Feedback
B.
Alat
C.
Komunikator
D.
Komunikan
E.
Message
10.
Dalam
komponen komunikasi, penerima berita sering disebut….
A.
Komunikator
B.
Respsionis
C.
Komunikan
D.
Message
E.
Informan
11.
Dalam
proses komunikasi terdapat kegiatan decode yang artinya..
A.
Proses
pengantar pesan
B.
Proses
pembuatan pesa
C.
Proses
pembatalan pesan
D.
Proses
penyimpanan pesan
E.
Proses penerimaan pesan
12.
Cara
melakukan hubungan jarak jauh untuk menyampaikan dan menerima pembicaraan melalui
alat elektronikdari satu pihak kepada pihak lain adalah pengertian dari…
A.
Cara
bertelepon
B.
Hubungan telepon
C.
Langkah
menelpon
D.
Proses
komunikasi
E.
Etika
bertelepon
13.
Komunikasi
yang penyampaian pesan kepada orang lain tidak dengan kata-kata tetapi dengan
gerakan anggota badan adalah komunikasi…
A.
Komunikasi
lisan
B.
Komunikasi
tertulis
C.
Komunikasi
verbal
D.
Komunikasi non verbal
E.
Komunikasi
pribadi
14.
Yang
dimaksud dengan lambang dalam proses komunikasi adalah..
A.
Alat untuk mempengaruhi komunikasi
B.
Suatu
ide/buah pikiran berupa isyarat bahasa
C.
Komunikasi
dalam kehidupan sehari hari
D.
Penyimpana
berita
E.
Penerimaan
lesan
15.
Proses
penyampaian warta/berita/informasi yang mengandung arti dari satu pihak kepada
pihak lain dalam usaha mendapatkan saling pengertian adalah pengertian dari…
A.
Komunikan
B.
Komunikator
C.
Komunikasi
D.
Tanggapan
E.
Message
16.
Pesan
yang ditinggalkan oleh penelpon dicatat petugas penerima telepon pada…
A.
Buku
agenda
B.
Buku
diary
C.
Kertas
D.
Lembar Pesan Telepon
E.
Buku
17.
Saat
bertelepon kita dianjurkan untuk selalu tersenyum, tujuannya adalah…
A.
Agar terdengar ramah dan menyenangkan
B.
Agar
terlihat lebih cantik
C.
Agar
telepon cepat berakhir
D.
Agar
penelpon menelpon kita kembali
E.
Agar
menghemat waktu telepon
18.
Sarana
yang digunakan dalam komunikasi disesuaikan dengan sifat berita, penerima
berita, disesuaikan dengan kondisi saat komunikasi adalah pengertian dari….
A.
Feedback
B.
Informasi
C.
Komunikan
D.
Pengirim
berita
E.
Media komunikasi
19.
Pada
saat ditanya, Ani hanya memberikan jawaban dengan menggelengkan kepala sambil
menangis. Respon yang diberikan Ani tersebut merupakan jenis komunikasi …
A.
Verbal
B.
Non verbal
C.
Sulit
dipahami
D.
Formal
E.
Non
formal
20.
Jika
penelpon tidak menyebutkan identitasnya, hal yang dapat Anda tanyakan adalah….
A.
Siapa
ini
B.
Boleh
saya tahu, siapa yang bicara
C.
Bolehkan saya tahu, dengan siapa saya bicara
D.
Bolehkah
saya tahu nama Bapak siapa
E.
Yang
bicara ini siapa
21.
Setiap
panggilan telepon yang masuk harus dijawab dengan cepat, tepat, dan sopan
sesuai dengan standar perusahaan. Yang dimaksud panggilan telepon dijawab
dengan sopan adalah…
A.
Berbicara
seperlunya ketika menjawab panggilan telepon
B.
Berbicara
dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
C.
Berbicara
dengan pelan dan lembut
D.
Berbicara dengan ramah, wajar, dan bijaksana
E.
Berbicara
yang santu dan lembut
22.
Langkah-langkah
yang tepat dalam melakukan panggilan telepon adalah….
A.
Angkat
gagang telepon, tekan nomor yang dituju, sampaikan pesan, letakkan kembali
gagang telepon
B.
Angkat
gagang telepon, tekan nomor yang dituju, tunggu nada sambung, sampaikan pesan,
letakkan kembali gagang telepon
C.
Siapkan
alat tulis dan block note, tekan nomor yang dituju, sampaikan pesan, tutup pembicaraan,
letakkan gagang telepon
D.
Angkat gagang telepon, siapkan alat tulis dan block note, tekan
nomor yang dituju, sampaikan pesan, ucapkan terima kasih, tutup pembicaraan,
letakkan gagang telepon
E.
Siapkan
alat tulis dan block note, tekan nomor yang dituju, tunggu nada sambaing,
sampaikan pesan, tutup pembicaraan, letakkan kembali gagang telepon.
23.
Apabila
pimpinan tidak sempat menerima telepon karena sedang sangat sibuk, maka sikap
yang harus dilakukan/dikatakan oleh petugas agar tidak menimbulkan kesan
negative dari penelpon adalah…..
A.
Maaf,
bapak tidak dapat diganggu gugat
B.
Maaf,
bapak pimpinan sedang sangat sibuk
C.
Maaf
bapak, apakah bapak mau menunggu sebentar
D.
Maaf bapak, apakah bapak mau menunggu sebentar, saya akan carikan
dulu
E.
Maaf,
bapak… sedang tidak dapat diganggu, apakah bapak mau menunggu
24.
Apabila
penelpon meminta anda untuk menyanpaikan pesan kepada pimpinan, anda harus
menjawab..
A.
Nanti
saya sampaikan
B.
Ya
pak, nanti saya sampaikan
C.
Sudah
pak, nanti akan saya sampaikan
D.
Pesan
bapak akan saya sampaikan
E.
Jelas Pak, pesan Bapak nanti akan saya sampaikan kepada beliau
25.
Anda
menerima telepon yang isinya adalah promosi tentang suatu produk, Anda kurang
tertarik dengan produk yang ditawarkan. Bagaimana kalimat yang akan anda
sampaikan diakhir pembicaraan….
A.
Maaf,
kami kurang tertarik dengan produk Saudara
B.
Maaf, untuk saat ini kami belum membutuhkan produk tersebut
C.
Saat
ini kami belum membutuhkan produk tersebut, silahkan tawarkan kepada yang lain.
D.
Kami
sudah mempunyai produk itu, maaf ya
E.
Maaf,
kami sangat sibuk dan kami sudah punya produk itu
26.
Anda
menerima telepon dari orang yang belum anda kenal dan minta nomor HP pimpinan
anda. Kalimat apa yang akan anda katakana kepada penelpon ?
A.
Maaf,
kami tidak bisa memberikan nomor HP pimpinan kepada sembarang orang
B.
Maaf, apabila Bapak ingin menghubungi pimpinan silahkan melalui
nomor kantor
C.
Maaf,
kami hanya boleh memberikan nomor HP Bapak pimpinan atas ijin beliau
D.
Kami
hanya akan memberikan nomor beliau kepada bapak setelah mendapatkan izin
E.
Jika
bapak ingin menghubungi beliau, silakan melalui nomor ini
27.
Sedangkan
jenis percakapan telepon yang dilakukan langsung jarak jauh antara satu negara
ke negara lain disebut….
A.
Percakapan
lokal
B.
Percakapan
intra daerah
C.
Percakapan
antar daerah
D.
Percakapan
ekstern
E.
Percakapan internasional
28.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan ketika mencatat pesan telepon, yaitu berikut, kecuali…
A.
Mencatat
tanggal, waktu, nama lengkap penelpon, nama perusahaan, nomor telepon, isi
pesan untuk pimpinan, dan tanda tangan penerima telepon.
B.
Memindahkan
segera ke lembar pesan telepon (LPT)
C.
Meletakkan
pesan telepon diatas meja orang yang dituju atau diatas meja pimpinan agar
mudah terlihat.
D.
Meletakkan
pesan telepon pada tempatnya kembali
E.
Menyimpan pesan pada lemari
29.
Sikap
dalam pelayanan efektif atau dikenal dengan 7C sebagai seorang penerima tepeon
yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah
caring artinya….
A.
Memerhatikan,
mendengarkan, dan mencatat masalah konsumen atau penelepon
B.
Merasa terikat dengan organisasi, tidak melemparkan
permasalahan kepada orang lain dengan alasan bukan tugas atau urusan atau
masalah pribadi.
C.
Penuh keyakinan dalam mengatasi masalah. Penerima telepon
tidak boleh bersikap merendahkan diri sendiri
D.
Bersahabat, menolong, dan mengerti emosi penelepon
E.
Tidak terbawa emosi pada saat penelepon mengungkapakan
kekecewaan (marah). Tetap bersikap untuk selalu membantu dalam mengatasi
masalah penelepon
30.
Sedangkan
sikap yang efektif : mampu menemukan car-cara yang baik dalam
menerima pesan adalah pengertian dari…..
A.
Caring
B.
Commited
C.
Confident
D.
Considerate
E.
Creative
31.
Berdasarkan
penggunaan alat bantu, pesawat telepon dibawah ini kecuali…
A. Pesawat
telepon umum dengan coin box (TUC)
B. Pesawat
telepon umum kartu (TUK)
C. Pesawat
telepon mobil
D. Pesawat radio
E. Pesawat
telepon genggam (handphone)
32.
Pada
suatu saat terjadi percakapan telepon antara orang jawa dengan orang sunda,
dalam berapa kalimat yang diucapkan mereka menggunakan bahasa daerah
masing-masing, tetapi mereka bisa saling mengerti. Tetapi di akhir pembicaraan
ternyata ada permasalahan yang membuat mereka saling emosi dan akhirnya tujuan
pembicaraan mereka tidak mencapai sepakat. Dari cerita tersebut dapat
disimpulkan kalau hubungan telepon tersebut mengalami hambatan…
A.
Hambatan personal
B.
Hambatan
kultur
C.
Hambatan
budaya
D.
Hambatan
fisik
E.
Hambatan
lingkungan
33. Etika yang tepat pada saat menangani Incoming
Call dengan menggunakan Bahasa Inggris, yang pertama kali diucapkan pada
saat menangai Incoming Call tersebut,
adalah… .
A. May I help
You?
B. Hello,
Amarta Raya Company, please leave a message for our leader
C.
Good Morning, I’m Mahardika as Secretary Mr. Kuncoro,
May I help You?
D. Good
Morning, I’m Mahardika as Secretary Mr. Kuncoro, leave a message please
E.
Good Morning, I’m Mahardika as Secretary Mr. Kuncoro, good bye
34. Etika yang tepat pada saat menangani Incoming
Call dengan menggunakan Bahasa Inggris, ketika Anda ingin menawarkan
bantuan kepada si penelepon, kalimat yang tepat adalah… .
A. Thank You
B. Byee, See
You
C. Oke, We
Will confirm to our leader
D. May
I help You?
E.
No, Thanks
35. Etika yang tepat pada saat melakukan Outgoing
Call dengan menggunakan Bahasa Inggris, pada saat pertama kali memulai
percakapan, kalimat yang paling tepat digunakan adalah…. .
A. Good
Morning, I’m Rita Secretary Mr. Surajan from Pertamina Company, I would like to
say thank you
B. Good
Morning, I’m Rita Secretary Mr. Surajan from Pertamina Company
C. I’m Rita
Secretary Mr. Surajan from Pertamina Company, I would like to ask with your
leader
D. Good
Morning, I’m Rita Secretary Mr. Surajan from Pertamina Company, I would like to
talk with my self
E. Good
Morning, I’m Rita Secretary Mr. Surajan from Pertamina Company, I would like to
talk with your leader
36. Kalimat yang diajukan pada saat melakukan outgoing call, jika memang dirasa tidak ada yang perlu lagi untuk dibahas,
maka kalimat yang tepat digunakan adalah… .
A. I think
enough, hello
B. Hello, may
I help you
C.
I think enough, thank you
D. I think
enough, bye
E.
I think enough, I’m secretary
37. Ketika penelepon mengatakan call
back/ phone back, hal ini berarti si penelepon meminta untuk…
A. Menjawab telepon
B.
Menelpon
balik
C. Menyapa
D. Menguasai pembicaraan
E.
Merekam
pesan
38. Spelling abjad yang tepat
untuk kata Tempel adalah… .
A.
Tango
– Echo – Mike – Papa – Echo – Lima
B. Tango – Echo – Mike – Papi – Echo – Lima
C. Tango – Echo – Mama – Papa – Echo – Lima
D. Tempel – Echo – Mike – Papa – Echo – Lima
E.
Tempel –
Ende – Mike – Papa – Echo – Lima
39.
Mrs. Desti : “Can You Spelling the name of Your Company, Sir?”
Mr. Johan : “My Company is Alpha – Romeo –
Tango – Oscar - Sierra”
Mrs. Desti : “Oke, Thank You, Sir”
Berdasarkan percakapan di atas, nama
Perusahaan dari Mr. Johan adalah… .
A. Artis
B.
Artos
C. Aortos
D. Artoss
E.
Arrtoss
40. (Zero – Two – Seven – Four) Six – Five – One – Two – Two – One – One
Berdasarkan ejaan angka di atas, jika
dirangkai dalam satu nomor, menjadi… .
A. 0274 – 7828910
B. 0274 – 6512212
C. 0274 – 6112211
D.
0274
– 6512211
E.
0274 –
6511221
Selamat Mengerjakan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar