Rabu, 11 September 2019

SOAL OTK SARANA DAN PRASARANA


SOAL - SOAL MAPEL OTOMATISASI DAN TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA


1.   Berikut ini merupakan Undang-undang yang memuat tentang Keselamatan Kerja......
A.   UU No.1 Thn 1971
B.   UU No.2 Thn 1977
C.   UU No.1Thn 1977
D.   UU No.1 Thn 1970
E.   UUD’45 Pasal 29

2.     Syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri, yaitu.......
A.    Tahan benturan, meredam kejutan, tidak mudah terbakar, sulit disesuaikan
B.    Tahan benturan, meredam kejutan, tidak mudah terbakar, mudah disesuaikan
C.    Tahan benturan, mudah  terbakar, mudah pecah
D.    Tahan benturan, meredam kejutan, anti air, mudah terbakar
E.     Mudah terbakar, anti air, mudah pecah

3.     Berikut adalah sarung tangan khusus dalam K3, kecuali.........
A.    Sarung tangan bahan campuran karet
B.    Sarung tangan bahan kulit
C.    Sarung tangan bahan karet
D.    Sarung tangan bahan kain
E.     Sarung tangan bahan plastik

4.     Alat yang digunakan untuk melindungi telinga dari kebisingan yang berlebihan merupakan fungsi penggunaan dari........
A.    Ear plug
B.    Safety shoes
C.    Body protector
D.    Respirator
E.     Dust masker

5.     Alat yang digunakan untuk melindungi mata pemakai/karyawan dari partikel kecil, merupakan fungsi penggunaan dari alat..........
A.    Ear plug
B.    Safety shoes
C.    Safety glasses
D.    Respirator
E.     Disposable overall

6.     Pelindung mata atau kaca mata digunakan untuk melindungi mata dari bahaya. Pekerjaan yang wajib menggunakan peralatan pelindung ini adalah....…
A.    Mengecat
B.    Mengelas
C.    Mengampelas
D.    Mengukir
E.     Melukis

7.     Fungsi safety shoes bagi karyawan, kecuali.........
A.    Melindungi kaki dari benda tajam
B.    Melindungi kaki dari benda panas
C.    Melindungi kaki dari bahan kimia yang berbahaya
D.    Melindungi kaki dari udara
E.     Melindungi kaki dari kejatuhan benda berat

8.     Berikut ini merupakan langkah yang dilakukan untuk pencegahan terhadap penyakit, kecuali.......
A.    Pemeriksaan kesehatan karyawan
B.    Pendidikan kesehatan
C.    Penerangan sebelum bekerja
D.    Isolasi jika ada karyawan yang sakit
E.     Golongan fisik

9.     Faktor penyebab gangguan kesehatan, kecuali.........
A.    Golongan fisik
B.    Golongan pribadi
C.    Golongan kimia
D.    Golongan biologic
E.     Golongan psikologik

10.  Di bawah ini yang termasuk dalam golongan fisik adalah........
A.    Suara gaduh
B.    Debu
C.    Bersikap netral
D.    Cairan kimia
E.     Pekerjaan yang monoton

11.  APD (Alat Pelindung Diri) sebagai sarana perlindungan harus memenuhi syarat-syarat antara lain:
A.   Mampu memberikan perlindungan efektif
B.   Model yang tepat dan baik
C.   Harga murah dan kuat
D.  Meningkatkan rasa percaya diri pemakai
E.   Mode Up to date

12.  Suatu kejadian yang tak terduga dan tidak diharapkan dan tidak terencana yang mengakibatkan luka, sakit, kerugian baik pada manusia, barang maupun lingkungan  disebut….
A.   Tingkat bahaya
B.   Potensi bahaya
C.   Resiko
D.  Kecelakaan kerja
E.   Insiden

13.  Salah satu unsur terjadinya kecelakaan kerja oleh faktor manusia adalah, kecuali....
A.   Tidak terdapat keserasian  antara manusia dengan mesin/lingkungan
B.   Kurang pengetahuan dan keterampilan
C.   Sistem inspeksi peralatan yang lemah
D.  Kurang motivasi dan kesadaran
E.   Fisik dan mental tidak mampu


14.  Salah satu penanggulangan kecelakaan di tempat kerja adalah penyediaan P3K, singkatan dari....
A.   Penanganan Pertama Pada Kecelakaan
B.   Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan
C.   Pertolongan Pertama Pada Korban
D.  Penanggulangan Pertama Pada Kecelakaan
E.   Penanggulangan Pertama Pada Korban

15.  Salah satu prinsip dasar tindakan pertolongan setelah terjadi kecelakaan kerja yaitu....
A.   Penolong mengamankan diri sendiri sebelum bertindak
B.   Amankan korban dari gangguan tempat kejadian
C.   Tandai tempat kejadian
D.  Usakan menghubungi lembaga berwajib
E.   Mengamankan peralatan terlebih dahulu

16.  Kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja sesuai bahaya dan resiko kerja untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri dan orang di sekelilingnya disebut…
A.   Alat perlengkapan kerja
B.   Alat keselamatan diri
C.   Alat perlindungan diri
D.  Alat penanganan diri
E.   Alat kesehatan kerja

17.  Berikut adalah fungsi dari penggunaan wearpack ditempat kerja, kecuali....
A.   Untuk keindahan dilihat orang
B.   Untuk kesopanan di sekolah
C.   Untuk keseragaman dalam kelompok kerja
D.  Untuk melindungi badan agar tidak kotor
E.   Untuk keselamatan dalam bekerja

18.  Mesin-mesin dan peralatan kerja pada dasarnya mengandung bahaya dan menjadi sumber terjadinya kecelakaan kerja, misalnya mesin yang berputar, bergesekan, dan lainnya. Hal ini merupakan penyebab kecelakaan kerja dari factor…
A.    Tempat kerja
B.    Kondisi peralatan
C.    Bahan yang bergerak
D.    Trasportasi
E.     Tools

19.  Dibawah ini yang bukan merupakan penyebab  kecelakaan dari factor non teknis adalah…
A.    Kemampuan pegawai yang professional
B.    Ketrampilan yang kurang
C.    Sikap bermain-main dalam bekerja
D.    Bekerja tanpa peralatan keselamatan
E.     Kemampuan yang kurang

20.  Kondisi-kondisi psikososial yang dapat menyebabkan terjadinya stres kerja adalah
A.    Beban kerja berlebih
B.    Ketidakpuasan kerja
C.    Konflik di tempat kerja
D.    Kurangnya penghargaan
E.     Semua jawaban benar

21.  Jika  pekerjaan,  peralatan,  dan  lingkungan  kerja  tidak didesain dengan baik, maka dapat timbul berbagai akibat terhadap karyawan perkantoran, Kecuali ….
A.    Iritasi dan kelelahan mata
B.    Gangguan otot rangka.
C.    Gangguan kesehatan
D.    Produktifitas meningkat
E.     Stres psikososial

22.  Bacalah naskah di bawah ini :
a.   Semua yang berjalan di lorong kantor dan di tangga diatur berada sebelah kiri.
b.   Karyawan yang membawa tumpukan barang yang cukup tinggi atau berat harus menggunakan troli dan tidak boleh naik melalui tangga tapi menggunakan lift barang bila tersedia.
c.   Tangga tidak boleh menjadi area untuk menyimpan barang, berkumpul, dan segala aktivitas yang dapat menghambat lalu lalang.
            Dalam aturan perundangan pernyataan di atas merupakan…..
A.   Prosedur kerja yang aman di kantor
B.   Cara kerja dimanapun
C.   Cara kerja yang disarankan untuk keselamatan
D.  Cara kerja di pabrik
E.   Prosedur kerja yang tidak perlu dilaksanakan

23.  Dalam bekerja di kantor sebaiknya hindarkan kebiasaan yang tidak aman di bawah  ini, kecuali
A.   menyimpan pensil dengan ujung runcingnya ke atas;
B.   menempatkan gunting atau pisau dengan ujung runcing kearah pengguna;
C.   menggunakan pemotong kertas tanpa penjaga yang tepat,
D.  menata segala perlalatan dengan rapi pada tempatnya
E.   menempatkan objek kaca di meja atau tepi meja.

24.  Beberapa waktu yang lalu terjadi ledakan di lantai 3 gedung Puslabfor Mabes Polri. Seorang korban luka, bernama Iptu Syarifuddin diketahui sedang menganalisa bahankimia dan menggunakan tabung pemanas untuk menganalisa logam. Tiba-tiba ledakan pun terjadi akibat tangki untuk tabung pemanas rusak.
Dari kasus diatas dapat kita analisa penyebab dari kecelakaan kerja tersebut yaitu…
A.    Tidak melengkapi diri dengan alat-alat keselamatan kerja
B.    Kurang konsentrasi dari pekerja itu sendiri
C.    Kurang memperhatikan alat yang menunjang kerja
D.    Kurang teliti dalam memeriksa alat sebelum digunakan untuk bekerja
E.     Semua analisa diatas betul

25.  Di bawah ini yang merupakan kasus kecelakaan kerja akibat Human error atau kelalaian pekerja adalah …
A.    Jatuhnya crane pada pembangunan jalan tol yang meruntuhkan beberapa rumah warga karena tidak kuatnya penyangga
B.    Empat pekerja cleaning servis di pabrik gula tewas tersiram air panas di dalam tangki, karena operator tangki tidak mengetahui kalau masih ada orang dalam tangki
C.    Seorang polisi terkena dampak ledakan tabung pemanas saat dia sedang menganalisa bahan kimia, diduga karena tabung rusak
D.    Dua orang tewas dan beberapa yang lain luka akibat terjadinya tanah longsor di arena penambangan emas PT Free fot
E.     Seorang pekerja tewas tertimpa barang yang sedang diangkut oleh pekerja lain disebakan alat trasportasinya rusak dan mengakibatkan tumpukan barang ambrol

26.  Di bawah ini yang bukan merupakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat  di Perkantoran yaitu…
A.      Cuci tangan dengan air bersih dan sabun
B.      Membuang sampah didekat tempat kerja
C.      Menjaga kebersihan dan kerapihan tempat kerja beserta seluruh fasilitas tempa kerja
D.      Penerapan kawasan tanpa rokok di perkantoran
E.      Melaksanakan aktivitas fisik dan peningkatan kebugaran jasmani di kantor


27.  Di dalam peraturan menteri PAN dan RB nomor 48 tahun 2013 tentang Standar sarana dan prasarana kantor yang dimaksud dengan  Sarana adalah….
A.    Fasilitas yang tidak secara langsung berfungsi sebagai penunjang proses penyelenggaraan tugas dan fungsi pekerjaan.
B.    Fasilitas yang secara langsung berfungsi sebagai penunjang proses penyelenggaraan tugas dan fungsi pekerjaan.
C.    Mesin mesin yang digunakan dalam proses penyelenggaraan tugas dan fungsi pekerjaan
D.    Perabot kantor yang digunakan dalam proses penyelenggaraan tugas dan fungsi pekerjaan
E.     Gedung, ruang kantor, lapangan, pagar gedung.

28.  Menciptakan keselamatan, keamanan, kesehatan dan kenyamanan kerja,mewujudkan penataan yang bernilai estetika, menciptakan keleluasaan bergerak secara sehat dan teratur, dan mewujud kan sarana dan prasarana kantor sesuai standarmerupakan…
A.    Ruang lingkup standarisasi sarana dan prasarana kantor
B.    Asas  standar sarana dan prasarana kantor
C.    Tujuan penyusunan standar sarana dan prasarana kantor
D.    Maksud penyusunan standar sarana dan prasarana kantor
E.     Standarisasi sarana dan prasarana kantor

29.  Standar Perlengkapan Ruang Kantor di dalam Ruang kerja menteri adalah…..
A.    Meja kerja dengan kelengkapannya,kursi kerja,meja  untuk telepon, meja rapat, tempat tidur,  telepon,
B.    Komputer,printer,lemari kaca,lemari buku,televisi,kursi tamu,lambang negara, foto presiden dan wakil presiden.
C.    Jam dinding, lambang negara,foto presiden dan wakil presiden, set sofa, papan struktur organisasi bendera nasional.
D.    Meja kerja dengan kelengkapannya, infokus, kursi kerja, computer, printer, lemari kaca, lemari buku
E.     Foto presiden dan  wakil presiden, whiteboard, infocus/LCD proyektor,jam dinding, kalender dinding, kalender meja

30.  Memenuhi kondisi aman, meliputi higieni umum, sanitasi, jendela udara, pencahayaan dan penerangan ditempat kerja dan pengaturan suhu udara menurut ruang kerja adalah salah satu cara pencegahan kecelakaan kerja dari factor …..
A.    Perlengkapan kerja
B.    Manusia sebegai pekerja
C.    Lingkungan kerja
D.    Pimpinan perusahaan
E.     Pemerintah selaku pemangku kepentingan

31.  Ada suatu pendapat yang menyatakan tentang  tingkatan akibat yang disebabkan kecelakaan kerja yang dibagi menjadi 3 yaitu kecelakaan kerja ringan, sedang, dan berat. Salah satu contoh kecelakaan kerja yang berat adalah….
A.    Terpeleset pada lantai yang basah
B.    Terkena pecahan kaca
C.    Terjatuh dan salah satu kaki terkilir
D.    Terjatuh dan mengalami patah tulang
E.     Terjepit hingga memar

32.  Beberapa penyebab kecelakaan kerja antara lain factor teknis, non teknis, dan faktor alam. Dari ketiga factor tersebut yang menurut anda sulit untuk diantisipasi dan juga diatasi  adalah…
A.    Faktor teknis
B.    Faktor non teknis
C.    Faktor teknis dan non teknis
D.    Faktor lain
E.     Faktor alam

33.  Salah satu resiko bekerja di kantor adalah sakit. Seperti cerita seorang pekerja kantor yang mengalami sakit setelah sekitar satu tahun dia bekerja sebagai seorang staf kantor. Menurut seorang ahli bahwa efek jangka panjang dari duduk mulai terasa. Salah satu yang mungkin dialami setelah duduk 6 jam dalam sehari antara lain…
A.    Mengalami obesitas
B.    Mulai kehilangan satu persen massa tulang
C.    Tubuh mengalami kejang
D.    Meningkatnya kadar gula
E.     Mengalami patah tulang

34.  Untuk mengatasi masalah tersebut di soal nomor 33, hal yang perlu dilakukan antara lain…
A.    Berdiri setiap duduk satu jam
B.    Bergerak dari tempat duduk misalnya mengambil air minum
C.    Bergerak dengan melakukan aktifitas lain selama kurang lebih 30 menit
D.    Parkir kendaraan agak jauh dari kantor supaya bias jalan kaki ke tempat kerja 10-15 menit
E.     Semua jawaban benar

35.  Berkaitan dengan kegiatan pada durasi kerja, aktivitas mengetik di depan computer yang lama perlu dilakukan rehat/istirahat  dengan salah satu metode yaitu 20-20-20 yang artinya
A.    Bekerja 20 jam, istirahat 20 menit dan tidur 20 menit
B.    Istirahat 20 menit setelah bekerja 20 menit , pergi sejauh 20 feet
C.    Setiap 20 menit bekerja, istirahat  selama 20 detik, dengan melihat selain computer sejauh 20 feet
D.    Istirahat selama 20 menit dan melihat jauh sepanjang 20 feet
E.     Istirahat selama 20 detik setelah bekerja 20 jam

36.  Di dalam peraturan perundangan standar keselamatan dan kesehatan kerja perkantoran gambar disamping adalah kegiatan….
A.    Peregangan selama 10-15 detik setiap 2 jam bekerja
B.    Gerakan untuk pemanasan sebelum bekerja
C.    Gerakan olah raga
D.    Peregangan setelah selesai bekerja
E.     Gerakan yang harus dilakukan setiap pagi dan sore hari




37.  Postur kerja pada karyawan di perkantoran lebih banyak dilakukan dalam keadaan duduk dikarenakan mengoperasikan komputer sebagai alat kerjanya. Beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat bekerja dengan nyaman, kecuali….
A.    Mata sama tingginya dengan bagian paling atas layar monitor.
B.    Atur tinggi kursi sehingga kaki Anda bisa diletakkan di atas lantai dengan posisi datar.
C.    Sesuaikan sandaran kursi sehingga punggung bawah Anda ditopang dengan baik.
D.    Menghadapkan layar monitor ke jendela atau lampu yang terang
E.     Letakkan layar monitor kurang lebih sepanjang lengan Anda.

38.  Dibawah ini pernyataan yang tidak benar dalam hal pemilihan dan penggunaan kursi kerja adalah…
A.    Atur posisi sandaran kursi ke atas dan ke bawah agar sesuai dengan tinggi lengkungan pinggang
B.    Atur posisi sandaran kursi ke atas dan ke bawah agar tepat menempel di lengkungan pinggang
C.    Posisi tumit pada saat duduk adalah jinjit di atas lantai
D.    Atur sudut kemiringan sandaran kursi sehingga memberikan rasa nyaman
E.     Atur tinggi dudukan kursi setinggi lutut.

39.  Agar pencahayaan memenuhi persyaratan kesehatan perlu dilakukan tindakan sebagai berikut…
A.      Pencahayaan alam maupun buatan diupayakan agar tidak menimbulkan kesilauan
B.      Penempatan bola lampu pada tempat tempat yang jauh
C.      Bola lampu tidak perlu  dibersihkan
D.     Bola lampu yang mulai tidak berfungsi dengan baik diabaikan
E.      Pemilihan bola lampu harus yang mahal agar lebih terang

40.  Jika pada saat bekerja kita harus mengangkat barang secara manual (manual Handling) hal yang tidak boleh dilakukan  adalah…
A.    Pastikan objek dipegang dengan erat dan nyaman
B.    Gunakan kedua buah tangan
C.    Bawa barang sedekat mungkin dengan badan
D.    Selalu upayakan mengangkat beban sesuai kemampuan
E.     Mengangkat dengan cara membungkuk ke depan

41.  Standar K3 Perkantoran meliputi:
A.    Keselamatan kerja,kesehatan kerja, dan Ergonomi Perkantoran.
B.    Keselamatan kerja,kesehatan kerja,kesehatan lingkungan kerja perkantoran dan Ergonomi Perkantoran.
C.    Keselamatan kerja, ,kesehatan lingkungan kerja perkantoran dan Ergonomi Perkantoran.
D.    Kesehatan kerja,kesehatan lingkungan kerja perkantoran dan Ergonomi Perkantoran.
E.     Keselamatan kerja,kesehatan kerja,kesehatan lingkungan kerja perkantoran

42.  Di beberapa kawasan industry sering sekali ada keluhan adri masyarakat sekitar yang merasa bahwa air di sekitar mereka tercemar oleh limbah industry dari perusahaan. Dari masalah tersebut standar dan persyaratan kesehatan lingkungan Perkantoran yang harus diperhatikan adalah….
A.      sarana bangunan;
B.      penyediaan air;
C.      toilet;
D.     pengelolaan limbah;
E.      cuci tangan pakai sabun.

43.  Bahaya ini berasal dari desain kerja, layout maupun aktivitas yang buruk. Contoh dari permasalahan ergonomi meliputi postur tidak netral, manual handling, layout tempat kerja dan desain pekerjaan adalah pengertian dari….
A.    Bahaya Fisik
B.    Bahaya kimia
C.    Bahaya biologi
D.    Bahaya ergonomic
E.     Bahaya psikososial

44.  Sedangkan stres, kekerasan di tempat kerja, jam kerja yang panjang, transparansi, akuntabilitas manajemen, promosi, remunerasi, kurangnya kontrol dalam mengambil keputusan tentang pekerjaan merupakan pengertian dari…..
A.    Bahaya Fisik
B.    Bahaya psikososial
C.    Bahaya kimia
D.    Bahaya biologi
E.     Bahaya ergonomic

45.  Kewaspadaan Bencana Perkantoran adalah kejadian yang tidak dinginkan di perkantoran antara lain:
A.      Kebakaran
B.      Gempa
C.      huru-hara
D.     ancaman bom
E.      A, B, C, dan D benar

46.  Fasilitas khusus bagi pekerja perempuan di tempat kerja yang sesuai standar kesehatan kerja adalah…
A.    Kawasan bebas merokok
B.    Penyediaan fasilitas khusus untuk menyusui dan/atau memerah ASI
C.    Toilet / kamar mandi
D.    Tempat untuk make up
E.     Tempat untuk makan/ pantry

47.  Standar sarana untuk persyaratan keamanan dari segi perlengkapan kantor jika suatu saat terjadi bahaya misalnya gempa, kebakaran dll adalah adanya….
A.    Ruang titik kumpul yang memadai
B.    Pintu masing-masing ruang yang tidak perlu kunci
C.    Tempat parker yang mencukupi untuk seluruh kendaraan
D.    Penyediaan akses evakuasi harus dapat dicapai dengan mudah dan dilengkapi dengan penunjuk arah yang jelas.
E.     Lift, tangga, atau escalator

48.  Desain interior kantor identik dengan perancangan interior ruang kantor yang ada di dalam suatu bangunan untuk…..
A.    Mengatur segala kekayaan yang dipunyai oleh kantor
B.    Mengatur tempat duduk semua pegawai kantor
C.    Mengatur tata ruang, pergerakan orang, peralatan kerja, pencahayaan serta dekorasi kantor
D.    Mengatur penataan peralatan dan pekerjanya saja
E.     Mengatur ruangan sampai halaman kantor

49.  Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan dari fungsi interior kantor  adalah….
A.    Memberikan kesan mewah kepada setiap tamu yang datang
B.    Menciptakan atmosfir kantor yang nyaman agar membangkitkan suasana kerja
C.    Menampilkan citra kantor yang professional dengan fasilitas yang memadai
D.    Menciptakan suasan dalam meningkatkan produktifitas dan kualitas kerja
E.     Memberikan kenyaman dan kemudahan kepada klien saat berinteraksi

50.  Ruangan kantor yang diberi hiasan membuat para pegawai lebih semangat dalam bekerja. Salah satu hiasan yang dapat memberi perasaan rileks terutama dari suara air dan warna warni ikan hias memberi suasana yang sejuk dan nyaman. Hiasan kantor tersebut adalah….
A.    Lukisan
B.    Vas bunga
C.    Akuarium
D.    Tanaman hias
E.     Lampu hias

5 komentar:

  1. Makasih sudah main ke blog kakak. ceritanya bagus2

    BalasHapus
  2. Hallo kak,ka itu soal2 nya ga ada jawabannya yaaa.Susah kalo cari jawabanya.

    BalasHapus
  3. Mana jawabannya kak please dikasih ya 🙏🙏

    BalasHapus